NarasiLia.com

Berbagi Pengalaman dan Tips Gaya Hidup

3.8.24

Tips Peluang Blogger Naik Kelas Di Dunia Digital

Sudah hampir sepuluh tahun saya berkecimpung di dunia blogging. Sudah banyak tulisan yang dikaryakan. Mulai dari recehan hingga memenangkan beberapa lomba menulis. Memberi semangat untuk terus menuliskan berbagai hal yang bermanfaat bagi pembaca yang mampir ke blog www.narasilia.com ini.

Blogger naik kelas

Namun seiring waktu, saya mulai bosan. Merasa terbebani, semakin banyak blogger bermunculan dan persaingan SEO membuat saya mulai kehilangan semangat untuk meneruskan blog.

Parahnya saya jadi kehilangan tujuan, malah ikut-ikutan meramaikan sosmed instagram, twitter, tiktok, bahkan ikutan jadi affiliate. Akhirnya jadi gak fokus. Ditambah urusan rumah juga sering jadi kendala buat menulis di blog. Pusing!

Kadang pengen teriak, apalagi pas tanggal tua, hahaha. Kepikiran sebenernya mau sampai kapan sih gini-gini aja. Anak-anak mulai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi suka iri melihat para influencer udah bisa renovasi rumah, beli mobil, bisa ini bisa itu. Masa sih saya gak bisa? Kamu gitu gak?


Beberapa Skill Blogger Yang Bisa Naik Lebih Tinggi

Blogger naik kelas

Untungnya, kak Monica Anggen dari Komunitas BRT Network mengundang saya untuk ikutan Kelas Online untuk sama-sama belajar dan mendapat tips gimana supaya Blogger tuh bisa naik kelas. Wah, kebetulan banget. Lagi suntuk begini, diajak dengerin pengalaman seseorang yang mampu melompati zona nyamannya jadi lebih baik.

"Kalo mau ikut webinar BRT besok malam, berkabar ya, kak. Kasih email yang aktif ke aku," begitu pesan WhatsApp yang disampaikan kak Monica. Tanpa berlama-lama segera kukirimkan email dan besok lusa aku bisa bergabung di Google Meet.

Kegiatan kelas dimulai jam tujuh malam dan berakhir sebelum jam sembilan malam, dipandu oleh duo sejoli mas Pewe dan kak Monica Anggen. Narasumbernya adalah kak Putri SB yang juga memiliki blog di www.putrihaneen.com.

Banyak pemaparan yang disampaikan mengenai peluang bagi seorang blogger untuk melangkah lebih jauh di dunia digital. Antara lain: SEO Content Writer di berbagai perusahaan dalam maupun luar negeri, Web Developer & SEO Specialist, Digital Marketing, bahkan Teaching, seperti yang sudah dilakukannya.

Tanpa kita sadari, sebenarnya peluang itu sudah kita miliki untuk membangun blog sendiri kan? Kita sudah sering belajar Google Analytics GA4, mencari tahu trik supaya tulisan kita nangkring di page one, bahkan suka ngoprek wordpress. Nah, sebaiknya keahlian begini semakin diasah dan ditambah supaya kita mampu menguasai digital marketing lebih luas.

Jangan lupa, mulailah membuat portofolio yang menarik untuk dimasukkan ke dalam platform lowongan kerja seperti LinkedIn, Upwork, Fastwork, Glints, dan sebagainya. Di sinilah peluang yang bisa kita ambil agar bisa dihargai lebih tinggi.


Sikap Blogger Yang Bikin Naik Kelas

Kata kak Putri, sudah saatnya Blogger berani mencari ilmu berbayar yang pembahasannya lebih serius dan dalam. Kalau perlu kursus bahkan ambil diploma kali ya. Ada yang harus dibayar sehingga mau tidak mau kita pun menghargai ilmu tersebut dan bisa diterapkan untuk menghasilkan cuan lebih banyak.
Ada kemauan untuk bisa, ada timbal balik yang membuat kita jadi lebih berharga. "Fokus, disiplin, push self limit, and stop making excuses", begitu pesannya.
Tips blogger naik kelas

Selain itu, ada 6 hal yang harus dimiliki Blogger untuk menambah skill antara lain:

1. Fast Learner
Belajar itu bukan untuk orang cerdas saja, tapi bisa buat orang yang mau. Belajar cepat bukan berarti terburu-buru, namun tetap sesuai langkahnya, step by step untuk mendapatkan tujuan sambil memahami ilmu yang didapat. Buatlah mapping agar tujuan ke depan lebih terarah.

2. Never Give Up
Selain sering kehilangan ide menulis, Blogger pun sering mengalami kendala operasional blog, seperti jaringan yang lambat, masalah hosting, domain authority turun, spam backlink, page view tidak sesuai harapan. Kak Putri berpesan, hal ini jangan membuat kita patah semangat. Justru menjadi cubitan supaya kita bisa mencari tau solusinya untuk mencapai goals.

3. Networking
Blogger itu harus sering bergaul, banyak ngobrol, diskusi, dan senang berkenalan dengan orang baru, jangan jaim. Pada kesempatan seperti inilah banyak peluang kerjasama yang bisa ditawarkan untuk menambah pengalaman kita nantinya. Dengan berteman, biasanya informasi akan semakin banyak.

4. Management Skill
Seorang Blogger harus mampu mengatur waktu kapan enaknya bisa menulis, membaca buku, bahkan mengurus keperluan pribadi. Mengatur schedule agar tidak bentrok dan mepet dateline. Jangan lupa kita harus mampu memanage keuangan yang harus dikeluarkan untuk membayar domain, kursus, dsb.

5. Self Control
Hayo, siapa nih yang suka kesel melihat teman sering lolos undangan kegiatan blog, kok kita enggak? Atau pas tahu tulisan kita dicopas teman sendiri? Bahkan lihat hasil tulisan kita gak sebagus yang lain? Nah, ini nih harus dikontrol. Jangan sampai kekesalan-kekesalan tersebut malah akan menjatuhkan derajat dan melupakan kemampuan kita yang lain. Sabar yuk, fokus dan tingkatkan skill saja!

6. Adaptability
Blogger harus mampu beradaptasi dengan sesuatu yang baru ditemuinya, luwes, jangan kaku. Misalkan terhadap perkembangan digital, perbedaan sudut pandang, berhadapan orang-orang baru, dan lainnya.

Kesimpulan:

Sedikit pembahasan yang bisa saya simpulkan dari kelas tersebut, bahwa kita sebenarnya mampu melompat lebih jauh, tapi kurang berani. Padahal banyak banget peluang di luar sana yang membutuhkan diri kita dan dibayar dollar. Maka tingkatkan skill kemampuan tersebut dengan belajarlah lagi, banyak bergaul, buatlah mapping, dan capailah goals yang sudah kita tuju. 

Terimakasih banyak sharingnya kak Putri dan BRT Network. Semoga bermanfaat juga buat pembaca yang lagi punya masalah sama. Yuk, kita naik kelas bareng!


4 komentar:

  1. Baca tulisan Mba Lia ini jadi bikin aku berkaca sama diriku sendiri. Selama ini aku nulis blog karena ya suka nulis aja. Kalau ada job alhamdulillah. Kalau lagi sepi, ya udah terima nasib.. ahaha... Tapi pingin juga jadi blogger yang "naik keas" dan selalu update sama perkembangan. Semoga kapan nanti aku bisa lebih banyak belajar lagi soal blog n digital marketing juga nih mba... :D

    BalasHapus
  2. Menarik ilmunya, Mbak. Setuju banget di bagian networking dan emang kita harus terus upgrade ilmu terkini supaya tahu perkembangan zaman. Ayo tetap semangat nge-blog~

    BalasHapus
  3. Senangnya bisa ikutan kelas blogging seperti BRT Network ini. Untuk bisa naik kelas, blogger harus memiliki banyak skill tentunya. Sikap dan perilaku pun harus dijaga, tak hanya soal kepenulisan saja. Setuju, dapatkan ilmu berbayar itu oke juga kan ga melulu gratisan.

    BalasHapus
  4. Sama kayak aku dong udah mulai bosan sama blog tapi masih bertahan karena masih suka nulis. Memang harus upgrade ilmu terus ya biar mengerti arti dan tujuan dari pekerjaan yang kita lakoni.

    BalasHapus

Agar tidak spam pada komentar, gunakan akun Google kamu. Atau kirim email ke: info.narasilia@gmail.com. Thank you ❤

Pengikut:

Lia Lathifa's Medium Audience Badge